Mengenal Lebih Jauh cara mengatasi hipotiroidisme dengan Bahan Alami

Pengobatan standar untuk hipotiroidisme adalah minum obat pengganti hormon tiroid setiap hari. Tentu saja, obat-obatan seringkali datang dengan efek samping, dan lupa minum pil dapat menyebabkan lebih banyak gejala. Dalam beberapa kasus, solusi alami dapat menyebabkan efek samping yang lebih sedikit dan lebih cocok dengan gaya hidup Anda secara keseluruhan.

Image result for hipoparatiroid

Obat Alami

Tujuan dari pengobatan alami atau pengobatan alternatif adalah untuk memperbaiki akar penyebab masalah tiroid. Masalah tiroid kadang-kadang dimulai sebagai akibat dari pola makan yang buruk, stres, atau hilangnya nutrisi dalam tubuh Anda. Mengubah diet dan mengonsumsi suplemen herbal adalah dua cara untuk membantu kondisi tiroid Anda. Opsi-opsi ini mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada minum obat tiroid. Juga, menggunakan suplemen herbal untuk pengobatan tiroid yang rendah atau kurang aktif mungkin bermanfaat bagi orang yang tidak merespons dengan baik terhadap obat-obatan. Pertimbangkan lima solusi alami berikut sebagai tambahan atau alternatif dari rencana perawatan Anda.

Selenium

Menurut National Institutes of Health (NIH), selenium adalah elemen yang berperan dalam metabolisme hormon tiroid. Banyak makanan di pasaran saat ini mengandung selenium, termasuk daging sapi yang diberi makan rumput, tuna, kalkun, dan kacang Brazil.

Tiroiditis Hashimoto, serangan sistem kekebalan pada tiroid, seringkali mengurangi pasokan selenium tubuh. Menambahkan elemen jejak ini telah terbukti membantu menyeimbangkan kadar tiroksin, atau T4, pada beberapa orang. Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang berapa banyak selenium yang mungkin tepat untuk Anda karena setiap orang berbeda.

Diet Bebas Gula

Gula dan makanan olahan dapat menyebabkan peningkatan peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat memperlambat konversi T4 menjadi triiodothyronine, atau T3, hormon tiroid lainnya. Ini bisa membuat gejala dan penyakit tiroid Anda memburuk.

Juga, gula hanya meningkatkan tingkat energi Anda dalam jangka pendek, menghilangkannya dari diet Anda dapat membantu mengatur tingkat energi Anda. Selain itu, menghilangkan gula dari diet Anda dapat membantu kulit dan tingkat stres Anda. Tidak mudah untuk menerapkan diet bebas gula, tetapi manfaatnya bagi kesehatan tiroid Anda mungkin sepadan.

Vitamin B

Mengkonsumsi suplemen vitamin tertentu dapat berdampak pada kesehatan tiroid Anda. Hormon tiroid yang rendah dapat memengaruhi kadar vitamin B-12 tubuh Anda. Mengambil suplemen vitamin B-12 dapat membantu Anda memperbaiki beberapa kerusakan yang disebabkan oleh hipotiroidisme Anda. Vitamin B-12 dapat membantu mengatasi kelelahan yang disebabkan oleh penyakit tiroid. Penyakit tiroid juga memengaruhi kadar vitamin B-1 Anda. Anda dapat menambahkan lebih banyak vitamin B ke dalam makanan Anda dengan makanan berikut:

  • kacang polong
  • asparagus
  • biji wijen
  • tuna
  • keju
  • susu
  • telur

Vitamin B-12 umumnya aman untuk kebanyakan orang sehat pada tingkat yang disarankan. Vitamin harus digunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

  • gangguan jantung
  • tekanan darah tinggi
  • sejarah kanker
  • gangguan kulit
  • urin berubah warna
  • masalah perut
  • anemia, karena kadar kalium abnormal
  • gangguan pembekuan darah
  • peningkatan asam urat atau asam urat

Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang berapa banyak vitamin B-12 yang mungkin tepat untuk Anda.

Probiotik

NIH mempelajari Sumber terpercaya hubungan antara hipotiroidisme dan masalah usus kecil. Masalah-masalah ini termasuk pertumbuhan bakteri yang berlebihan, seperti ragi. Suplemen probiotik mengandung bakteri hidup yang dapat membantu menjaga perut dan usus Anda tetap sehat. Selain bentuk suplemen, makanan dan minuman fermentasi, seperti kefir, kombucha, keju mentah, dan yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat.

sumber :

https://www.everydayhealth.com

https://www.healthline.com

https://www.healthline.com

sumber gambar

https://www.alodokter.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*